image1 image2 image3

HELLO GUYS|SELAMAT DATANG DI BLOG TRAVELLING INDONESIA|MENGULAS TEMPAT WISATA DI INDONESIA|MEMBERIKAN INFORMASI SEPUTAR WISATA INDONESA

Mau Mendaki Gunung Prau? Kenali Dulu Jalur Pendakiannya


Pendaftaran Pendakian (Simaksi)


Setelah sampai di base camp pendakian Gunung Prau Patak Banteng, kami bergegas untuk mengurus simaksi dan mendapat map denah Gunung Prau. Biaya pendaftaran Gunung Prau adalah Rp. 10.000,-/orang. Sehabis mengurus pendaftaran (simaksi) kami mengisi perut sebelum pendakian.

Memulai Pendakian

Basecamp - Pos I

Selesai sudah pengurusan administrasi dan sarapan kami bergegas untuk pendakian pada pukul 09.00 dari basecamp, pendaki melewati perkampungan Desa Patak Banteng. Lepas dari perkampungan Desa Patak Banteng sekitar 500 meter memasuki daerah persawahan. Setelah 25 menit pendakian dengan track berdebu sudah tampak terlihat Pos I .

Pos I ( Sikut Dewo) berupa gubuk kecil persawahan, biasanya terdapat pedagang lokal yang berjualan di pos ini untuk mengais rezeki pada para pendaki. Di pos ini pendaki bisa beristirahat dan mengisi tenaga atau pun melanjutkan pendakian. Dari pos ini pendaki masih di suguhkan dengan pemandangan persawahan yg cukup indah. Jika ramai pendaki terdapat jasa ojek di pos ini yang siap mengantarkan pendaki naik atau turun.

Pos I - Pos II

Melanjutkan pendakian dari Pos I menuju Pos II, masih melewati persawahan dan menaiki anak tangga dari tanah yang berkelak - kelok. Dari Pos I menuju Pos II sekitar 30 menit saja dengan jalur yang tidak begitu menanjak.

Pos II (Cangal Walangan) berupa lahan lapang kecil, hanya cukup untuk mendirikan 2 tenda saja. Di pos ini pendaki memasuki hutan gunung prau . Hutan lebat yang didominasi pohon cemara dan pohon pinus.

Pos II - Pos III

Dari Pos II menuju Pos III mulai menanjak dan dari sini jg perjalanan semakin menantang dengan adanya pohon besar yang berakar. Jalur sangat licin jika musim hujan. Sekitar 60 menit untuk menuju Pos III cukup banyak menguras tenaga. Pendaki akan sedikit merasa bosan selama menuju Pos III dikarenakan jauh dan menanjak. Sampai di Pos III pendaki dapat beristirahat sejenak dan mengatur pernafasan, setidaknya 5 - 10 menit karena masih setengah perjalanan menuju puncak.

Pos III (Cacingan) berupa lahan kecil, cukup buat 2 tenda, di Pos ini pemandangan hanya hutan, ada baiknya jangan terlalu lama di Pos III.

Pos III - Bukit Teletubis

Dari Pos III menuju Bukit Teletubis pendaki masih akan menjumpai jalur yang terjal dan menanjak. Perjalanan dari Pos III menuju Bukit Teletubis dengan jarak tempuh 60 menit, lalu sekitar 15 menit menuju Bukit Teletubis. Setelah menemui belokan tanjakan pendaki akan disuguhi dengan indah gunung sindoro dan perkampungan dieng.

Setelah sampai di Bukit Teletubis kami hendak membuka tenda dan bergegas untuk masak sekedar mengisi perut. Rombongan kami 8 orang, pembagian tugas di mulai 5 pria mendirikan tenda dan wanita bersiap untuk masak dan membuat kopi dikarenakan cuaca Puncak Gunung Prau yang sangat dingin. Kami pun turun dengan lintas jalur Dieng dengan jangka waktu 2 jam perjalanan.


Sumber : www.janganlupabahagia.com

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar