image1 image2 image3

HELLO GUYS|SELAMAT DATANG DI BLOG TRAVELLING INDONESIA|MENGULAS TEMPAT WISATA DI INDONESIA|MEMBERIKAN INFORMASI SEPUTAR WISATA INDONESA

Curug Lawe Ungaran Semarang, Keindahan Tersembunyi di Kaki Gunung Ungaran

Semarang adalah kota yang penuh dengan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berliburan bersama teman atau orang tersanyang. Bila ingin mencari kesejukan di Kota Semarang yang terkenal dengan panasnya itu anda harus mengunjungi Daerah Ungaran atau Kabupaten Semarang.

Disana anda akan menemukan berbagai wisata alam yang sangat indah dipandang dan sejuk dirasa. Salah satunya adalah Wisata Curug Lawe yang terletak di lereng Gunung Ungaran.

Panorama alam yang masih sangat alami di Curug Lawe membuat siapa saja yang mengunjungi air terjun ini merasa fresh dan takjub akan keindahan Curug Lawe.

Melewati hutan yang penuh dengan semak-semak belukar, pohon yang rimbun, jalan bebatuan dan naik turun tentu menjadi wisata yang menyenangkan menuju lokasi.  Keadaan ini makin membuat kita lebih dekat dengan alam. Persiapkan bekal yang akan kamu bawa karena jarak pintu masuk ke air terjun cukup jauh.

Perjalanan pertama ke air terjun akan melewati jalan setapak menurun yang hanya cukup dilalui satu orang secara bergantian. Untuk itu kamu harus berkonsentrasi selama perjalanan karena terdapat jurang di kanan kiri.

Setelah jalan setapak kamu akan menemui sebuah jalan yang dibawahnya dilapisi dengan kayu. Tenang saja jalan ini cukup aman dilalui apalagi banyak wisatawan yang memanfaatkan kesempatan untuk mengambil gambar di jembatan ini. Tentunya kamu juga tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan.

Bila beruntung kamu akan menemukan beberapa hewan seperti lutung berkeliaran di sini. Jalur selanjutnya akan melewati jalan bebatuan yang berkelok-kelok serta melewati beberapa sungai. Bila sudah melewati jalan ini suara air terjun sudah mulai terdengar. Pertanda bahwa air terjun sudah semakin dekat.

Rasa lelah selama perjalanan seolah terbayar dengan menyaksikan keindahan air terjun yang semakin dekat. Airnya yang jernih mengalir tiada henti hingga bertabrakan dengan bebatuan yang menimbulkan suara menyejukkan. Percikan air yang mengenai wajah seakan tak menyurutkan langkah wisatawan untuk mengabadikan momen di dekat air terjun.

Curug Lawe memiliki karakteriktis air terjun yang cukup unik dan juga indah. Bentuknya menyerupai sebuah cekungan yang di tengahnya terdapat air terjun yang mengalir deras.

Lokasi Curug Lawe berdekatan dengan Curug Benowo namun, Curug Lawe lebih populer. Bila tak memiliki banyak waktu pilih saja Curug Lawe.

Saat hari libur tiba jangan kaget bila banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Mencari waktu yang diluar keramian pilih saja hari biasa agar lebih bisa menikmati keindahan air terjun.

Curug Lawe memang memiliki kisah tersendiri. Air yang jatuh dari tebing terlihat seperti benang putih yang dalam bahasa jawa disebut lawe. Sedangkan air terjun dalam bahasa jawa disebut curug.

Namun, ada juga yang mengisahkan bahwa nama curug lawe berasal dari jumlah air terjun berjumah 25 buah yang dalam bahasa jawa disebut selawe.

Lokasi Dan Rute Menuju Curug Lawe

Curug Lawe berada di Desa Kalisidi, Ungaran Barat Semarang tepatnya di wilayah perhutani KPH Kedu Utara. Dari Semarang berjarak 21 km atau ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Bila berangkat dari pusat kota Semarang kamu bisa menuju arah Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sebelum gerbang utama UNNES terdapat pertigaan, ambil arah kiri mengikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan kembali.

Terdapat jalan menurun dan menanjak, pilih jalan yang menurun atau arah kanan. Kamu akan menemukan pertigaan lagi, ambil kiri ikuti jalan tersebut hingga menemukan lokasi air terjun. Di sana kamu akan menemukan banyak papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu menuju Curug Lawe. Bisa juga bertanya pada warga sekitar yang akan menunjukkan jalan menuju Curug Lawe.