image1 image2 image3

HELLO GUYS|SELAMAT DATANG DI BLOG TRAVELLING INDONESIA|MENGULAS TEMPAT WISATA DI INDONESIA|MEMBERIKAN INFORMASI SEPUTAR WISATA INDONESA

Ingin Menikmati Keindahan Bunga Sakura? Datang Ke Kebun Raya Cibodas Aja


Jika Anda hobi travelling, rasanya Anda patut bersyukur karena bertempat tinggal di Indonesia. Di negara kita, banyak sekali tempat-tempat wisata baik alam maupun buatan yang menarik untuk dikunjungi. Butuh waktu yang sangat lama jika Anda ingin mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Indonesia.


Kebun Raya Cibodas. Tempat ini adalah salah satu tempat menarik dan unik yang ada di kawasan Jawa Barat. Kebun botani ini didirikan oleh Kerajaan Belanda  pada tahun 1852. Akan ada suasana menarik yang bisa Anda nikmati selain hawa sejuk Puncak. Di tempat ini, Anda bisa melihat bunga sakura bermekaran tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jepang yang memang terkenal dengan sebutan negeri sakura itu. Anda bisa menghemat banyak biaya.


Taman Sakura adalah salah satu bagian dari Kebun Raya Cibodas. Taman yang memiliki luas sekitar 6000 meter persegi ini dibangun sejak Maret hingga Desember  2007. Sebelum dibangun Taman Sakura, pohon sakura bertebaran di area kebun raya. Akibat dari hal ini, pengunjung tidak bisa secara maksimal menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran.


Siklus pertumbuhan pohon-pohon sakura di taman ini tidak seperti di Jepang. Di Jepang, pohon sakura berbunga di saat musim semi berlangsung, yaitu sekitar awal bulan hingga akhir bulan April. Bagi bangsa Jepang, bunga Sakura adalah  lambang dari  kehidupan dan kematian, lambang kefanaan hidup. Saat mekar, bunga sakura akan menunjukkan keindahannya. Setelah dua minggu, bunga sakura akan berguguran lalu layu.

Di Indonesia hanya mengenal dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Di  taman ini, dalam setahun pohon sakura bisa berbunga dua kali dalam setahun yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Fenomena ini sering menjadi pertanyaan di benak para pengunjung.

Salah satu penyebab dari fenomena tersebut adalah letak geografis yang dimiliki Kebun Raya Cibodas.  Kebun ini memiliki ketinggian 1.425 meter diatas permukaan laut. Ketinggian kebun raya  ini cocok dengan habitat asli Sakura. Selain itu faktor kontur tanah, iklim,  dan perawatan itu juga barangkali bisa menjadi jawaban dari pertanyaan di atas.

Di dunia ini sekurang-kurangnya ada 308 varian dari sakura. Sementara itu, Kebun Raya Cibodas baru memilki  7 jenis sakura. Hamparan pohon-pohon sakura di tempat ini dikembangkan dengan metode cangkok.

Jenis sakura tertua yang ada di sini adalah Prunus cerasoides. Jenis ini ditanam pertama kali tanggal 13 Mei 1971. Sedangkan untuk Prunus yamasakura, Prunus lannesiana,Prunus yedoensis, Prunus spberasal dari Hatta di tahun 2002. Koleksi lainnya didapat dari pemberian peneliti Jepang dan juga pemberian Jepang kepada Megawati saat masih menjadi presiden pada tahun 2004.

http://beritakotamakassar.fajar.co.id/

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar